Sabtu, 24 Desember 2011

Analisis Kuadran SPSS

Untuk mengukur tingkat kepuasan dan kepentingan menggunakan diagram cartesius sangat mudah dilakukakan dengan SPSS. Analisis ini dikenal dengan analisis kuadran. Sudah luas dilakukan dalam skripsi-skripsi dan kemungkinan besar cara praktek di SPSS pun sudah pada tau. Hanya saja banyak yang lupa, itu masalah utamanya. Buktinya saya yang sudah pernah melakukan analisis tersebut kemarin merasa blank ketika ditanya cara run SPSS untuk membentuk kuadran kepuasan dan kepentingan. Akhirnya saya coba dan cari dalam sel-sel kelabu (kata hercule poirot),,,TING!!! The last but not least,,,yey akhirnya seperti berikut inilah caranya…(saya share saja biar suatu saat lupa mikirnya gak keterlaluan lama^^)… 1. Langkah awal buka SPSS kebetulan saya pake SPSS 16.0 (melalui start-all programs-spss 16.0) 2. Masuk ke jendela SPSS data editor File-Open-Data…(ambil data yang akan diolah di excel atau tulis langsung di SPSS data editor, misal dalam hal ini data berupa kepentingan dan kepuasan yang sebelumnya telah dirata-ratakan) Data yang sudah dibuka dari excel seperti ini:
3. Langkah pertama dalam run kuadran adalah klik menu Graphs seperti gambar di bawah. Kemudian sorot legacy dialogs, klik Scatter/Dot akan muncul jendela Scatter/Dot pilih Simple Scatter. Muncul jendela simple scatter masukkan kepuasan sebagai Y dan kepentingan sebagai X dan KLIK OK maka SPSS akan running menghasilkan output berupa pasangan titik kepuasan dan kepentingan dalam diagram cartesius (gambar output). Output ini belum selesai menjadi kuadran, kita harus membuat rata-rata untuk X dan Y. Masuk ke Chart Editor dengan cara klik dua kali pada gambar output. Jendela Chart Editor akan muncul bersama Propertiesnya. Agar tidak mengganggu properties dapat kita hilangkan. Klik Option pilih X axis reference lines. Jendela properties X scale akan muncul kita pilih Set To Mean kemudian Apply. Hal serupa juga kita lakukan untuk menentukan garis rata-rata sumbu Y. Pilih Y axis reference lines prosesnya sama dengan sumbu X. Proses belum berhenti, sekarang tahap finishing yaitu dengan memberikan setiap titik label sehingga memudahkan kita ketika menganalisis. Yaitu dengan cara klik Data Label Mode di pojok kiri dan kita klik-kan pada titik-titik koordinat. Maka akan muncul nomor-nomor per kasus yang kita teliti. Missal nomor 1 adalah untuk kasus kebersihan dan lain-lain. Gambar agar lebih menarik dapat dikreasikan dengan mengganti Type Marker dan warna yang tersedia dalam Marker Properties. Selamat menganalisis…semoga bermanfaat.
(gambar output)
(gambar output setelah diberi garis sumbu rata-rata)
(gambar pemberian label pada marker)
(gambar akhir)

4 komentar:

  1. terimakasih sekali mbak Mila, sangat membantu utk menyelesaikan skripsi saya, sangat terbantu. maaf tidak bisa membalas, semoga Tuhan yg membalas berkali2 lipat. keep giving us knowledge!
    :D

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum, ada yg bisa bantu jawab, setelah klik data label mode yg muncul bukan nomor atribut melainkan dalam bentuk % cara mengatasinya bagaimana?

    BalasHapus